Kamis, 11 Oktober 2018

Kursus ACLS | 0878-8969-9789 | Pusat Kursus ACLS

Pengalaman Ikut Serta Kursus ACLS dari Jakarta

Assalamu’alaikum wr. wb

Disini saya akan menceritakan pengalaman ikut serta Pelatihan ACLS dari PERKI House Jakarta Pusat.

Untuk Kalian yang belum tahu apa itu ACLS atau kurang paham apa itu ACLS?. Disini saya akan memberi tahu apa itu ACLS ? ACLS ini merupakan singkatan dari Advanced Cardiac Support Life Support. Pelatihan ini hanya di perboleh untuk para dokter, untuk paramedis (Perawat/bidan) namanya BCLS (Basic Cardio Life Support).

Oke , jadi dalam dunia kedokteran, ada beberapa jenis pelatihan yang menurut saya mesti di ikuti , sebab pelatihan-pelatihan tersebut mempunyai tenaga jual lebih untuk para dokter yang sudah ikut serta dalam pelatihan hal yang demikian. Ada sebagian pelatihan penting tersebut, antara lain :

1. ACLS (Advanced Cardiac Life Support)

2. ATLS (Advanced Trauma Life Support)

3. Hiperkes/K3 merupakan pelatihan seputar keselamatan kerja

Menurut saya di antara ketiga pelatihan diatas semuanya sangatlah penting untuk diikuti, khusus nomor 3 sebenernya optional, sangat penting apabila kalian berkeinginan melamar kerja di perusahaan, tetapi untuk ACLS dan ATLS aturannya wajib sebab terpakai sekali ilmu dan sertifikatnya dimanapun kalian bekerja.

Sebenarnya masih ada banyak lagi pelatihan-pelatihan keterampilan lainnya, seperti pelatihan sirkumsisi, bedah dasar, EKG, penanganan ICU, gawatdaruratan neurologi, dan lainnya. Apabila penulis sampai saat ini sudah pernah mengikuti pelatihan Hiperkes/K3, ACLS, sirkumsisi, dan bedah dasar.

Sayangnya pelatihan-pelatihan diatas biayanya lumayan cukup mahal juga, biayanya juga berbeda beda, yang jelas diatas 1 juta, bahkan bias hingga 5 juta lebih. Tetapi ini juga mengakibatkan tidak seluruh dokter bisa mengikuti pelatihan-pelatihan tersebut. Saya tidak berputus asa, dimana kita ada harapan untuk meraih sesuatu maka disitu ada jalan untuk meraihnya, banyak juga kok dokter-dokter yang ikut serta pelatihan tetapi ia dibayari oleh farmasi, perusahaan dan dinas dimana para dokter berprofesi, intinya pandai cari kesempatan aja.

Sebelumnya saya lulusan dari universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Bantul. Ok seperti itulah pengalaman dari dr. Parsha yang mengikuti kursus ACLS di PERKI House Jakarta.


Disini saya ingin bagi pengalaman waktu ikut serta pelatihan ACLS. Pelatihan ini bertempat di PERKI House Jakarta Pusat. Pelatihan ini sebenarnya tidak selalu diadakan di PERKI House Jakarta, akan tetapi bisa saja bekerja sama dengan Fakultas di provinsi lain untuk mengadakan pelatihan, asalkan tenaga, alat dan pesertanya mencukupi prasyarat.

Pertama saya mendapatkan info seputar pelatihan ACLS di PERKI House Jakarta melalui Facebook, kebetulan saya gabung di group Facebook seputar pelatihan kedokteran. Dari sana saya lalu menghubungi contact person yang tercantum. Biayanya saat itu Rp 2.750.000. Biaya tersebut mencakup pelatihan, makan siang dan snack selama 3 hari, masker untuk ventilasi, 2 buah modul dan 1 buah tas. Biaya tersebut tidak termasuk penginapan. Untuk masalah penginapan sebenarnya di sekitar PERKI banyak rumah-rumah warga yang menyewakan kamar yang khusus untuk bagi peserta pelatihan ACLS, tetapi rumah saudara saya tidak terlalu jauh dari lokasi, jadi saya tidak perlu menyewa kosan/hotel

Sesudah pelaksanaan pendaftaran yang dilaksanakan melalui Whatsapp, saya diminta untuk melakukan pembayaran, dan bukti pembayaran dikirimkan melalui Whatsapp. Sekitar selang 2 hari setelah melaksanakan pembayaran saya telah dikirimi 2 buah modul, peta lokasi, peraturan tata tertib, brosur, dan sebagainya. Modul sengaja dikirimkan jauh-jauh hari sebelum pelatihan supaya peserta dapat mempelajarinya sebab di hari pertama akan ada pre test.

Ok seperti itulah pengalaman saya dikala sedang mengikuti pelatihan ACLS di PERKI House Jakarta. Apabila kalian berkeinginan ikut serta Pelatihan ACLS bisa menghubungi ke Contact Person ini 0878–8969–9789 atau bisa klik link ini

Semoga artikel ini membantu kalian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar